Saturday, October 16, 2010

Toyota New Avanza 1.5 S: Penyegaran Sang Fenomenal

Sejak kali pertama muncul tahun 2004 belum ada yang mampu menyaingi di pasar. Banyak merek mobil berambisi untuk 'membunuh' sang fenomenal. Belum lagi niat itu terwujud, Avanza kembali lakukan penyegaran tampilan.

Sebelum debut pertamanya diperkenalkan di Hotel Gran Melia, Jakarta (14/10) OTOMOTIF sempat menjajal mobil 'sejuta umat' ini. Kini, setelah empat tahun terus memimpin pasar, Avanza kembali refreshment Sebelumnya pada pertengahan tahun 2006, kendaraan berkapasitas 1.300 cc (E & G) dan 1.500 cc (S) telah alami rombakan wujud. Nan, OTOMOTIF mendapatkan kesempatan jaja) varian paling tinggi bertipe SA/T.

Atas perubahan ini, kenaikan tipe S Rp 5,4 juta. Sedangkan tipe G Rp 4,9 juta dan tipe E dinaikkan Rp 4,4 juta. Sehingga harga tipe S otomatis 4-speed menjadi Rp 153,1 juta (On the road). Sementara varian di bawahnya berturut-turut Rp 143,1 juta untuk tipe S manual 5-speed. Lalu Rp 131,75 juta untuk tipe G M/T dan Rp 116,8 untuk tipe E M/T.

Apa saja yang di upgrade?

- Aroma perubahan mulai terlihat pada model gril dengan garis horizontal dan vertikal kini berubah menjadi 'sarang tawon'. Begitu pula pada redesign foglamp dengan tambahan lingkaran krom. Emblem VVTi pun pindah posisi ke depan di atas fender dari awalnya di buritan. Selain itu pada bodi kanan-kiri terdapat side body moulding. Perubahan ini membuat New Avanza terlihat lebih sporti dan mewah.
- Outer mirror with turn signal kini memiliki kontur lebih lancip
- Kini atap model roof lining yang awalnya flat roof
- Pada buritan terdapat ornamen krom sebagai centre of interest
- Menjadi lebih mudah terbaca
- OTOMOTIF merasa lebih aman dan nyaman dengan model tuas transmisi otomatis 4-speed yang diganti menjadi shift gate type dari in-line type
- Perubahan warna interior berkelir beige yang awalnya ivory. Saat OTOMOTIF masuki kabin memang terlihat lebih cerah dengan aroma kemewahan.
- Lalu model setir menjadi 4-spokes yang tadinya hanya 3-spokes

SUDAH 270 RIBU UNIT
Mungkin tak berlebihan bila Avanza dianggap sebagai fenomena terkini industri otomotif tanah air. Maklum saja, karena hanya Avanza yang mampu menembus pasar hingga di atas 50 ribuan tiap tahunnya. Bahkan, mobil yang dijual PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku ATPM Toyota di tanah air, hingga September 2008, sudah berhasil menembus angka 60 ribuan. Artinya, TAM berhasil menjejak angka 270 ribuan unit dalam kurun waktu kurang dari lima tahun. Tidak heran bila sma//MPV (Multipurpose Vehicle) tujuh penumpang itu layak menyandang predikat sang fenomenal.

'Rekor'.ini melebihi dari Toyota Kijang yang masih melegenda. Berdasar catatan Charlotte Butler (DareTo Do, McGraw Hill 2002) Kijang baru mendapatkan angka 200 ribu unit pada tahun 1989, sejak pertama kali diluncurkan tahun 1977 era Kijang Buaya-hingga Kijang Super.

KENA HARGA BARU
Buat yang inden Avanza, perlu menyediakan kocek lebih. Soalnya, bersamaan dengan berubah tampang, harganya pun naik. "Karena berbagai faktor, termasuk karena perubahan ini," sebut Joko Trisanyoto, direktur pemasaran PT Toyota-Astra Motor saat peluncuran, Selasa
(14/10).

Sementara itu, menurut Johnny Darmawan, buatyang penginden sebulan lalu, lantaran indennya mencapai 3 bulanan, juga dikenai harga baru. "Tetapi nanti dibicarakan lagi. Mereka kan bersedia menunggu, itu yang kita hargai," sebutnya.

No comments: