Saturday, October 16, 2010

Toyota Avanza - Autobild, 28 Agustus 2008

TIDAK salah keputusan Toyota membuat Avanza. Di antara mobil inden lainnya, Avanzalah yang paling heboh. Bila memesan normal, Anda harus tunggu hingga akhir tahun, bahkan bisa sampai tahun depan untuk beberapa tipe dan warna. Itupun dengan harga tidak mengikat.

Tapi bagi yang sangat membutuhkan Avanza dalam waktu dekat, alternatifnya lumayan banyak meski cukup menguras dompet. Saat ini, Avanza 100% baru disediakan ready stock oleh beberapa dealer dengan harga hingga Rp 11 juta di atas price list resmi Toyota.

Tapi harga itu sudah termasuk bonus tambahan seperti sarung jok dan antikarat. Tawarlah sebisa mungkin, karena di beberapa dealer kami mendapati lipping 'hanya' Rp 9 juta. "Untuk model lain sih harga resmi, Avanza saja yang upping price," ucap seorang sales dari dealer Toyota di kawasan Jakarta Utara.

Lebih lanjut sang salesman menawarkan opsi lain, yakni menunggu satu bulan. Tapi itu juga tidak gratis. Anda tetap mesti membayar Rp 78 juta. Tapi bagi yang hendak membeli mobil untuk Lebaran, pilihan ini lebih masuk akal.

Selain dealer resmi, Avanza juga ramai dijual oleh para spekulan. Bila dalam kondisi standar tanpa penambahan bonus, harga yang ditawarkan berada di kisaran Rp 78 juta. Tapi kondisinya, STNK mobil sudah jadi dan dengan nama orang lain.

Meski begitu beberapa pedagang spekulan berjanji akan membantu meminjamkan KTP untuk setiap kali perpanjangan STNK. "Pokoknya bayar sekarang, hari ini juga mobil langsung diantar dan bisa dipakai jalan," promosi MeiMei, seorang sales showroom mobkas di kawasan Jakarta Barat.

Bila harga di atas masih terlalu tinggi buat Anda, silakan pilih bekasnya. Tapi jangan kaget kalau Avanza keluaran 2007 akhir atau 2008 awal yang telah berjalan 5.000 km masih ditawarkan dengan harga Rp 3 juta di atas harga baru resmi.

No comments: